Google Freshness
Baru - baru ini diumumkan lagi algoritma baru dalam posting di Google Official Blog yang ditulis oleh Amit Singhal pada tanggal 11/03/2011 08:19:00 AM . Dalam tulisannya disebutkan bahwa Google freshness merupakan algoritma baru hasil pengembangan dari update algoritma GOogle caffeine di tahun 2010. Dengan algoritma baru ini Google dapat mengindeks lebih cepat dalam mencari halaman website yang baru diupdate, dengan begitu pengguna mesin pencari dapat mengetahui berita terbaru dengan cepat. Perubahan algoritma ini mempengaruhi sekitar 35% dari pencarian.
Memahami Lebih Dalam Google Freshness
Pola pikir yang perlu dibangun dalam update Google freshness sepertinya cukup penting mengingat perubahan ini akan berdampak sampai 35% dari hasil pencarian.
Apa sajakah yang mempengaruhi algoritma tersebut?
Berikut adalah data - data yang berhasil saya kumpulkan setelah membaca beberapa website :)
- Tanggal update konten yang dilakukan
- Seberapa seringnya perubahan dari halaman dilakukan
- Analisis pencarian branding dari waktu ke waktu
- Perubahan link yang terjadi
- Anchor text
- Perubahan lalu lintas website
- Perilaku pengunjung (Apakah melakukan konten sindikasi, like facebook, atau social media lainnya)
- Perubahan registrasi domain
- Bookmark oleh pengunjung
- Keterkaitan topik dengan yang lain
Sepertinya perubahan yang dilakukan cukup kompleks yahh?? kalau begini pasti bakalan susah untuk memenangkan persaingan!
Pertumbuhan Link Berpengaruh!
Well, sepertinya link building tetap menjadi topik utama yang patut diperbincangkan!
Dalam artikel http://searchenginewatch.com/article/2125272/Google-Freshness-and-Temporal-Data dikatakan bahwa kesegaran link turut berpengaruh dalam update algoritma terbaru ini.
Evaluasi Pertumbuhan Link
Berikut adalah beberapa evalusi yang "mungkin" diperhatikan Google.
- Kapan link baru mengarah ke halaman kalian?
- Kapan link lama yang mengarah ke halaman kalian dihapus?
- Seberapa banyak link tersebut muncul dan menghilang dari waktu ke waktu?
- Apakah ada kecenderungan yang besar antara outbound link dan inbound link?
- Kapan perubahan anchor text dilakukan?
- Kapan perubahan isi konten yang berisi link dilakukan?
- Kapan update konten yang memiliki link ke website kalian dilakukan?
- Apakah dokumen yang memiliki link ke website kalian memiliki otoritas?
Banyak sekali faktor - faktor yang diperhatikan oleh Google, tidak hanya sebatas pada fokus update konten melainkan sampai link! Pastilah sulit memanipulasinya.
Kesimpulan
Sepertinya sekarang sudah bukan jamannya lagi fokus dengan pagerank dech, menurut saya update aja yang banyak dan taruh di social media agar cepat perkembangan link buildingnya. Jika konten yang kalian tulis bagus sudah pasti orang - orang akan melakukan like, retweet, bookmark, copy paste konten dengan menyisipkan link dengan begitu link growth kalian akan berjalan dengan baik dari waktu ke waktu.
sumber :
Google freahness and temporal data
Tidak ada komentar:
Posting Komentar